Bagaimana Cara Memasak Lompong Supaya Tidak Gatal

Apakah Anda Pernah menggunakan lompong untuk memasak? Lompong merupakan batang talas yang bentuknya panjang dan teksturnya empuk mirip spons. Batang talas atau lompong miliki kandungan banyak gizi dan mampu diolah jadi sayur yang terlalu lezat, berasal dari terasa lodeh, bobor, tumisan dan lainnya. Sayangnya tak seluruh orang suka matang lompong, karena kecuali tidak memahami triknya mampu gatal di tenggorokan. Penyebab rasa gatal itu sendiri karena kandungan asam oksalat yang tersedia di di dalam batang umbi talas. Sebenarnya memasak lompong sehingga enak dan gatal tidaklah susah, hanya diperlukan trik simple dan tidak ribet.

Lompong yang sudah dipotong
Lompong adalah sejenis tanaman yang ringan tumbuh di mana saja dan mampu saja masuk kategori tanaman liar . Namun Lompong memang merupakan tanaman budi energi yang terlalu nikmat diolah jadi beragam masakan terasa berasal dari batang dan daunnya yang mampu dimasak dan umbinya yang disebut tales juga mengandung karbohidrat tinggi dan jadi anggota berasal dari formalitas masyarakat Jawa pada acara tertentu. Tanaman lompong miliki nama lain yakni lumbu dan keladi.

Tidak seluruh style lompong mampu dikonsumsi. Itu yang harus kami pahami, karena tersedia style tertentu yang mampu mengakibatkan keracunan, jadi sebelum memasak lompong tersedia baiknya meneliti dahulu style lompong apa yang bakal dimasak. Ada beberapa style lompong seperti lompong ungu atau hitam yang pas ini dikenal sebagai tanaman hias karena tidak mampu dimakan tetapi lumayan indah untuk melengkapi taman atau ditanam di pot . 

Selain Lompong ungu/hitam lompong yang tak mampu dimakan,lainnya yakni lompong hutan, atau keladi hutan, ciri-cirinya mampu tumbuh lebih tinggi dan besar , batangnya kaku dan kuat tak ringan patah , getahnya berwarna kemerahan, mampu hidup di daerah rawa. Lompong liar atau keladi hutan yang terlalu gatal dan tidak mampu dimakan.Lompong hias yang berukuran besar juga tak mampu dimakan, hanya daunnya saja yang dimanfaatkan untuk pakan ikan.

Tanaman lompong
Tanaman lompong memang banyak manfaatnya bagi kita semua, terlebih jika kita mampu mengolahnya menjadi masakan yang lezat. Memang, tumbuhan yang satu ini banyak yang memanfaatkan untuk sayur lebih-lebih anggota batang dan umbi mudanya. Namun tersedia kasus yang biasa berlangsung lebih-lebih bagi kami yang belum terbiasa mengolah lompong atau talas ini. Seringkali pas batang lompong diolah jadi masakan bakal terasa gatal. Meski masih mampu dikonsumsi tentu saja sayur yang gatal tidak bakal enak.

Ingin memahami bagaimana langkah mengolah lompong sehingga enak dan tidka gatal? Simak informasi selengkapnya sesaat lagi disini. Lompong, Batang Talas yang Memiliki fungsi Tak Terduga Bagi Kesehatan. Sering Dikira Rumput Liar, Daun Sintrong Berikan fungsi Ajaib, Salah satunya Obat Kanker
  1. Pilih lompong yang muda
    Sebagaimana sayuran pada umumnya, anggota lompong yang enak diolah sebagai sayuran adalah anggota yang muda/bagian tengah/atas. 

  2. Kupas kulit luar lompong
    Sebelum dimasak, lebih pernah kupas kulit luar lompong sampai bersih. Cara ini mengakibatkan lompong jadi lebih lembut, tetapi juga menyingkirkan getah yang mengakibatkan gatal.

  3. Remas bersama bersama air garam
    Setelah dikupas, potong-potong lompong cocok selera, lantas remas-remas bersama bersama garam. Kemudian diamkan sampai tidak cukup lebih 10 menit, baru cuci sampai bersih.

  4. Rebus dan membuang air rebusan pertamanya
    Pertama kali, panaskan air hinga mendidih, lantas masukkan lompong dan matang sampai agak empuk. Kemudian membuang air rebusan pertamanya yang miliki kandungan getah, kecuali harus peras sampai air hilang.

  5. Masaklah didalam suhu yang cukup tinggi
    Langkah berikutnya, bumbui lompong dan matang lompong di di dalam suhu tinggi sampai matang. Jangan sampai setengah matang atau tidak lumayan matang, karena mengakibatkan lompong jadi gatal.

Ternyata untuk memasak lompong yang enak dan tidak gatal sangatlah ringan dan simple. Setelah memandang tips diatas, tentunya Anda tidak mampu curiga ulang memasak lompong untuk menu keluarga tercinta. Semoga informasi yang berjudul Tips dan Cara Memasak Lompong Agar Enak dan Tidak Gatal diatas mampu berfaedah bagi kami semua. 

No comments:

Post a Comment