Tips Agar Telur Bisa Tahan Disimpan Dalam Waktu Lama

Yuk kita cari tahu ! ternyata dengan memilih dan menyimpan telur dengan benar dapat membuat telur awet dalam waktu lama. Memasaknya sebagai lauk makan pun bisa benar-benar praktis karena bisa langsung digoreng ataupun direbus tanpa mesti memberi tambahan bahan-bahan lainnya. persentase gizi yang dimiliki oleh telur juga benar-benar banyak dan baik bagi kesegaran tubuh. Biasanya jenis telur yang di mengkonsumsi adalah telur yang berasal dari unggas, seperti ayam, bebek, puyuh dan angsa.



Sangat banyak jenis telur yang kami tahu, tapi telur yang paling banyak dikonsumsi oleh penduduk yaitu telur ayam. Telur merupakan bahan makanan yang jadi favorit pilihan penduduk karena mempunyai persentase gizi yang tinggi dan juga juga bisa diolah jadi bermacam jenis menu makanan yang sedap dan lezat. Selain itu, harga telur benar-benar terjangkau oleh masyarakat, gampang membawa dan gampang mengolahnya. Oleh karena itu, tidak heran kecuali pada kala ini telur banyak dikonsumsi oleh semua kalangan penduduk baik di pedesaan maupun perkotaan.

Telur mempunyai persentase protein yang tinggi dan juga mempunyai banyak manfaatnya bagi tubuh. Selain itu, telur juga banyak mempunyai kandungan vitamin. Kandungan gizi pada telur mempunyai manfaat bagi tubuh diantaranya: bagus untuk mata, kekuatan tahan tubuh, menangani kekurangan zat besi dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan bahan makanan hewani lainnya, telur juga mempunyai karakter gampang rusak. Namun, dibandingkan dengan daging dan ikan, kekuatan tahan telur masih lebih baik dari keduanya. Rusaknya telur bisa diakibatkan menguapnya air dan zat-zat makan didalam telur yang terurai jadi gas dan terkontaminasinya telur oleh mikroba dari luar yang masuk melalui pori-pori kulit.

Kita mesti teliti didalam pilih telur sebelum dikonsumsi karena tersedia mungkin telur yang dijual telah rusak atau mengalami penurunan kualitas, perihal ini bisa disebabkan akibat benar-benar lamanya penyimpanan atau proses pengangkutan.




Pemilihan dan penyimpanan telur yang tepat benar-benar dibutuhkan supaya telur yang anda pilih benar-benar didalam kondisi bagus. Jika penanganannya dikerjakan dengan tidak baik maka bakal memberi tambahan pengaruh negative bagi tubuh. Karena pada cangkang telur terkandung bakteri salmonella yang bisa menyebabkan keracunan dan penyakit pada tubuh.

Berikut ini sebagian langkah langkah pilih dan menyimpan telur yang baik dan benar sebelum diolah jadi masakkan:

  1. Jangan pilih telur yang kulitnya telah retak ataupun pecah. Karena telur dengan kondisi seperti ini benar-benar rentan di serang bakteri salmonella yang terkandung di kira-kira cangkang telur.
  2. Jika anda ingin menyimpan telur didalam jangka kala lama, maka pilihlah telur yang mempunyai cangkang yang berwarna lebih gelap dan tebal dibandingkan telur yang mempunyai warna pucat dan bercangkang tipis.
  3. Telur yang baik kecuali di guncang-guncang tidak bergerak isinya. Jika bergerak, itu berarti kondisi telur telah tidak baik kembali dan persentase pH nya telah jadi basa.
  4. Setelah membeli telur maka bersihkan telur dari kotoran yang menempel sebelum menyimpannya ke didalam kulkas. Jangan bersihkan telur dengan langkah disikat, perihal ini bakal menyebabkan lapisan cangkang telur bakal jadi tidak tebal dan rusak supaya bakteri bakal jadi lebih gampang masuk.
  5. Bersihkanlah telur dengan menggunakan sabun pembersih yang aman bagi bahan makanan dan spons yang lembut. Gosok perlahan-lahan lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap.
  6. Sebaiknya tidak bersihkan cangkang kulit telur di area pencucian piring perihal ini bisa menbuat bakteri menempel pada kitchen sink. Buanglah air bekas membasuh telur ke luar rumah.
  7. Simpanlah telur ditempat yang bersuh ruang taupun lemari es. Jika bakal menyimpan didalam lemari es, maka tempatkan bagian lancip kearah atas dan bagian tumpul kearah bawah. Jangan simpan telur lebih dari 2 minggu lamanya. 
  8. Telur yang baik dapat diketahui dengan cara dimasukkan kedalam gelas yang berii air maka bakal tenggelam, dan kecuali di pecahkan bakal terlihat perbedaan pada bagian putih yang kental dan yang cair.

Cara pilih dan menyimpan telur yang benar sebenarnya terkesan “ribet” dan memakan waktu. Lakukan saja beberapa tips diatas agar anda dapat memastikan kebersihan bahan makanan dan anda bakal terjaga supaya peyakit yang disebabkan oleh bakteri bisa di hindari. Semoga tips pilih dan menyimpan telur ini berfaedah bagi anda. 

1 comment:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete