Tips Masak Opor Ayam Agar Tidak Cepat Basi

Menyantap hidangan yang sangat lezat biasanya karena menggunakan sambal yang pedas, bisa diibaratkan kalau makan tanpa sambal seperti sayur tanpa garam, Pada peluang kali ini kita Ingin sharing resep aneka tips makanan mengenai Lima Cara Masak Opor Ayam Agar Tidak Cepat Basi semoga sanggup memberikan manfaat, dan barangkali banyak dari kita mengalami kesusahan dalam menemukan cara tersebut, jadi jangan khawatir karena semua itu akan kita kupas disini. Lewat portal ini kita akan mencoba sharing dan membongkar rahasia resep tersebut, dan selamat nikmati 



Moment lebaran tidak akan lengkap tanpa acara makan-makan. Ketupat dan opor ayam nyaris jadi menu yang kudu ada pas lebaran. Namun seperti yang kita tahu, pas lebaran, ibu dan keluarga tentu sibuk mempersiapkan diri untuk ikuti shalat idhul fitri, lalu mana sempat memasak banyak ragam masakan? Agar hidangan tersaji sempurna pas lebaran, sudah pasti ibu kudu mempersiapkannya menjelang hari H. Tapi masalahnya, hidangan bersantan seperti opor ayam sangat ringan basi dan tentu tidak bsia dinikmati lagi. Tenang saja, sebab dnegan tips dan trik cerdas, olahan opor ayam Anda tidak akan cepat basi.

Hem, kurang lebih apa yang sanggup dilakukan sehingga Opor ayam tidak ringan basi dan tetap nikmat disantap pas lebaran? Agar lebih jelasnya, review Lima Tips Agar Opor Ayam Tidak Cepat Basi, tersebut ini :



Perhatikan penentuan kelapa yang akan dipakai
Pastikan pilih santan yang berkualitas, diantaranya berasal berasal dari kelapa fresh dan berdaging tebal. Curi bersih kelapa sebelum akan Anda parut atau blender. Saat matang opor, pastikan belanja kelapa parut fresh berasal dari satu buah kelapa tua. Kamu terhitung sanggup belanja kelapa tua dan memarut sendiri di rumah. Peras santannya bersama air panas atau lumayan hangat untuk santan kental untuk mengurangi potensi berkembangnya bakteri. Begitu terhitung jika menginginkan mengambil santan cair, tapi lumayan bersama air matang saja

Peras santan memanfaatkan air matang
Agar santan tidak cepat basi, pastikan peras bersama santan memanfaatkan air matang. Gunakan air hangat untuk memeras santan pertama kali untuk mendapatkan santan kental. Untuk selanjutnya, lumayan bersama air matang dingin.

Proses memasak bumbu yang tanak
Saat menumis bumbu, pastikan matang hingga matang atau tanak. Hal ini sanggup jadi keliru satu langkah untuk menghindar opor cepat basi/berlendir.

Masak opor hingga matang
Setelah semua bahan masuk di dalam wajan, pastikan matang hingga matang sempurna. Proses memasak yang tidak sempurna akan sebabkan olahan opor ayam akan ringan basi. Saat pertama kali masak, pastikan kamu melepas opor ayam matang benar, bukan cuma asal mendidih dan bumbunya udah pas dan sedap. Tumis bumbunya hingga matang baru menuangkan bahan-bahan. Biarkan opor mendidih dan kuahnya agak berkurang tidak cukup lebih 10 menit lamanya sehingga santan sangat matang sehingga tak ringan basi.

Hangatkan sebelum akan disantap
Opor ayam bersama bumbu santan sebenarnya lebih enak jika di sajikan hangat, tapi bukan itu obyek utamanya. Menghangatkan makanan bersantan sebelum akan disantap sanggup menghindar mudahnya makanan jadi basi.

Jangan diaduk sesudah dihangatkan
Jika udah tak ada keluarga yang menginginkan makan opor lagi, saatnya menghangatkan makanan. Dan untuk opor ayam, sesudah dihangatkan hingga tanak, jangan diaduk lagi. Kontak bersama benda asing atau udara berasal dari luar sesudah dihangatkan justru sebabkan opor basi.

Jangan menutup panci sesudah dihangatkan
Jika biasanya kamu senang menutup panci pas menghangatkan sayur sehingga cepat mendidih. Jangan jalankan ini terhadap makanan bersantan. Biarkan opor mendingin sendiri di dalam suhu ruangan. Menutup opor ayam bersama tutup panci pas kuah masih panas terhitung sanggup sebabkan opor basi sebab udara yang terjebak di dalam.

Proses penyimpanan yang tepat
Setelah selesai dimasak, pastikan biarkan hingga opor dingin, barulah Anda bsia menyimpannya kedalam wadah kedap udara atau bsia terhitung disimpan di dalam kantung plastik. Setelah itu, simpan opor ke di dalam freezer baru kemudian hangatkan/kukus jika hendak disajikan.

Meskipun terlihat sedikit merepotkan, tapi langkah simpel diatas sanggup menolong meringankan pekerjaan Anda pas hari H lebaran. Jadi pas hari H, Anda bsia focus bersama shalat Idhul Fitri... selamat merayakan hari raya idhul fitri yaa… 

No comments:

Post a Comment